11 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Wajib Tahu!

11 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Wajib Tahu!

Masih banyak pebisnis yang belum mengetahui apa saja manfaat media sosial untuk bisnis. Padahal, dengan maraknya penggunaan medsos di Indonesia, yaitu 167 juta (60.4% dari populasi), pastinya bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan bisnis.

Dengan melancarkan digital marketing melalui media sosial akan mampu menyasar target audiens yang tersebar di berbagai lokasi sehingga penjualan akan lebih meningkat. Sebaliknya, jika menggunakan pemasaran tradisional, bisnismu hanya akan diketahui oleh orang-orang di sekitarmu saja.

Alhasil, bisnis akan lebih susah berkembang. Kamu tentunya tidak ingin bisnismu di situ-situ saja bukan? Maka dari itu, penting bagi kamu mengetahui apa saja manfaat dari media sosial dalam ranah bisnis. Simak artikel ini sampai tuntas!

Baca Juga: Digital Marketing VS Traditional Marketing, Mana yang Lebih Baik?

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Beberapa manfaat menggunakan media sosial untuk bisnis antara lain meningkatkan brand awareness, mempermudah membagikan konten, hingga membangun hubungan baik dengan pelanggan. Simak lebih rincinya berikut ini.

1. Meningkatkan penjualan

Sebanyak 72% pengguna mengatakan bahwa konten di Instagram turut andil memengaruhi keputusan pembelian mereka. Hal ini membuktikan bahwa melakukan strategi marketing melalui media sosial mampu meningkatkan penjualan.

Namun, dalam melancarkan strategi social media marketing ini haruslah tepat. Misalnya konten yang kamu suguhkan kepada target audiensmu harus sesuai, kanal medsos yang kamu gunakan harus tepat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Strategi Social Media Marketing Paling Jitu untuk Bisnismu

2. Memperoleh data pelanggan

Manfaat media sosial untuk bisnis bisa digunakan dalam mengumpulkan data pelanggan. Tiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 milyar like di Facebook, dan 95 juta foto dan video diunggah di Instagram. Di balik angka besar ini ada kekayaan informasi tentang pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang sebuah brand.

Melalui pendekatan yang aktif dan melihat apa yang terjadi di media sosial, kamu bisa mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Misalnya, dengan mengumpulkan informasi dari semua jaringan sosial saat real time, kamu bisa menemukan percakapan yang terjadi seputar brand dan membuat laporan real time.

3. Meningkatkan loyalitas dan brand awareness

Ketika kehadiran brand terlihat di media sosial, maka akan lebih mudah bagi pelanggan menemukan dan terhubung dengan brand tersebut. Otomatis, brand awareness akan meningkat seiring banyaknya orang yang menemukan akun medsos brand itu.

Terhubungnya pelanggan dengan sebuah brand di media sosial membuat kamu lebih mungkin meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand. Ini merupakan salah satu manfaat penting media sosial untuk bisnis.

Baca Juga: Arti Brand Awareness & Cara Meningkatkannya untuk Bisnis

4. Menjalankan iklan dengan hasil real time

Iklan di media sosial tidak memakan biaya yang mahal dan menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta mendistribusikan konten kamu. Iklan ini juga menawarkan pilihan penargetan yang kuat sehingga kamu bisa mencapai audiens yang tepat.

Misalnya, bila kamu menjalankan kampanye iklan di LinkedIn, kamu bisa menciptakan segmen seperti lokasi, gender, dan usia. Bila menjalankan iklan Facebook, kamu bisa menargetkannya berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, dan koneksi. Kamu juga bisa melacak dan mengukur performa iklan media sosial dalam real time.

5. Membantu menciptakan kesan kepada pelanggan potensial

Memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, dapat meningkatkan keberadaan online sebuah bisnis serta mencapai lebih banyak pelanggan potensial. Media sosial juga memberikan ruang yang lebih personal dan interaktif bagi calon pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis. Dengan demikian, media sosial bisa membantu mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan yang sebenarnya.

6. Meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian

Satu manfaat terbesar dari media sosial untuk bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan traffic website. Media sosial tidak hanya membantumu mengarahkan orang ke website, tapi semakin banyak share di media sosial yang diterima, semakin tinggi peringkat pencariannya.

Misalnya, bila tiap orang yang follow lalu melakukan retweet postingan, ada kemungkinan lebih besar untuk masuk peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google.

7. Mengetahui apa yang kompetitor lakukan

Dengan memonitor media sosial, kamu bisa mendapat informasi penting tentang kompetitor bisnis. Cara ini membuat kamu bisa membuat keputusan bisnis strategis untuk tetap jadi yang terdepan. Misalnya, kamu bisa ciptakan aliran pencarian untuk memonitor kata kunci industri dan menyebut nama serta produk kompetitor. Berdasarkan hasil pencarian, kamu bisa lakukan penguatan produk, layanan, dan konten yang kompetitor tidak lakukan.

8. Berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah

Ini merupakan manfaat media sosial untuk bisnis yang bisa langsung dirasakan. Pasalnya, membagikan konten kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah kepada audiens hanya dengan mem-posting di media sosial.

Dulu, tim marketing menghadapi tantangan untuk memastikan konten mereka mencapai pelanggan di waktu secepat mungkin. Dengan bantuan media sosial, terutama ketika berbagi konten tentang bisnis atau untuk kurasi konten, yang perlu kamu lakukan hanya membagikannya ke akun jaringan sosial brand.

Baca Juga: 7 Jenis Konten Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis Kamu!

9. Konten geo target

Geo target jadi cara efektif untuk mengirimkan pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka. Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki tool yang memungkinkanmu mengkomunikasikan jenis konten yang tepat ke audiens.

Misalnya, kamu bisa targetkan pesan ke follower di negara tertentu, atau mengirim pesan dari halaman Facebook dan LinkedIn ke kelompok tertentu berdasarkan parameter geografis dan demografis. Kamu juga bisa gunakan geo target untuk menemukan percakapan yang relevan dengan brand-mu.

10. Membangun hubungan dengan pelanggan

Media sosial bukan semata tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media sosial, tapi juga menjadi saluran dua arah dimana kamu memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan.

Misalnya, media sosial memungkinkan brand pariwisata menciptakan dialog dengan traveller, karenanya tercipta relasi dengan pelanggan sebelum, selama, dan setelah mereka memesan akomodasi perjalanan dengan perusahaan tersebut. Dialog media sosial semacam ini antara brand dan pelanggan jadi sesuatu yang tidak bisa diperoleh dari iklan tradisional.

11. Menumbuhkan bisnis lebih cepat

Media sosial memiliki banyak manfaat untuk membangun bisnis. Berbagai poin manfaat yang telah disebutkan di atas akan mengarahkan bisnis ke pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens, dan melebarkan jangkauan brand, kamu akan mencapai konversi bisnis yang besar.

Untuk membantumu melihat data seberapa cepat bisnismu bertumbuh, kamu bisa menggunakan bantuan tools analitik medsos. Dengan tools analitik, kamu bisa dengan mudah melihat bagaimana performa akun di masing-masing medsos melalui satu dashbord.

Baca Juga: 9+ Social Media Analytics Tools untuk Lacak Performa Medsos

Sudah Tahu Manfaat Media Sosial untuk Bisnis?

Setelah mengetahui semua manfaat media sosial untuk bisnis tentunya kamu semakin tertarik untuk memanfaatkannya, bukan? Dengan memilih medsos yang sesuai dengan target audiens, teknik digital marketing yang tepat, serta konsistensi, perlahan-lahan bisnismu pasti bisa terus berkembang.

Mengingat pentingnya keberadaan online (online presence) bagi sebuah bisnis, kamu juga bisa memanfaatkan website marketing agar lebih terpercaya dan profesional. Ketika ada calon konsumenmu yang mengecek website bisnismu, pastinya mereka akan lebih yakin dan terdorong untuk membeli produkmu.

Baca Juga: 7+ Manfaat Website untuk Bisnis: Makin Kredibel & Untung!

Untuk menunjang website bisnis yang aman dan cepat, pilihlah hosting terbaik dengan tingkat keamanan yang terjamin. Dewaweb sudah bersertifikasi ISO 27001 sebagai bukti prosedur keamanan teknologi informasi kelas dunia. Lebih baiknya lagi, Dewaweb memberikan sertifikat SSL grade A secara gratis!

Jika ada kendala, Tim Ninja dari Dewaweb akan siap membantu 24 jam sehari via helpdesk, live chat, hingga telepon tanpa biaya apa pun. Tunggu apa lagi? Yuk coba Dewaweb sekarang! Temukan cara beli domain gratis hosting di artikel Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula. Selamat mencoba, ya.